Cara Mengkritik yang Baik

Advertisement
"Banyak orang yang hanya bisa memberi contoh, namun tidak bisa menjadi contoh."

Dalam hidup ini tentu kita berjumpa dengan banyak orang, yang terkada kita dan orang tersebut tidak sama dalam satu pandangan. Atau bahkan pada hal-hal tertentu kita menganggapnya salah.

Sebagai teman yang baik, seharusnya kita bisa memberikan kritik yang baik, bukan membencinya. Kritik sangat penting sebagai cermin untuk memperbaiki diri. Bukan kah dalam hidup ini kita disuruh untuk saling mengingatkan?

Namun sering kali niat baik kita salah diartikan oleh sahabat-sahabat kita, sehingga, bukannya menjadi baik malah akan terjadi kesalah pahaman. Dalam hal ini kita perlu cara bagaimana untuk memberikan kritikan yang baik.

Berikut adalah beberapa cara yang bisa kita lakukan ketika menyampaikan kritikan:

1.      Sampaikan secara pribadi.
Usahakan jangan mengkritik seseorang didepan umum, karena hal itu akan membuat orang yang kita kritik menjadi tersinggung. Sampaikanlah kritik ketika tidak didepan umum. Hal ini sangat penting, karena selain orang yang kita kritik akan mendengarkan kita, disisi lain kita akan terlihat berwibawa. Sehingga orang yang kita kritik akan mendengar dengan baik.

2.      Kritik hal yang salah darinya, bukan orangnya secara keseluruhan
Focus saja pada satu masalah yang hendak kita kritik, yang paling penting jangan menyalahkannya secara keseluruhan. Namun kritiklah pada satu perbuatannya yang salah. Dan yang terpenting dalam hal ini, jangan mengaitkan kesalahan dengan kesalahan-kesalahan yang telah lalu.

3.      Berikan pujian sebelum menyampaikan kritik
Pernahkan anda dikritik? Tentu iya. Bagaimana perasaan anda?. Ketika kita dikritik orang, kita merasa seperti terjatuh dalam jurang. Oleh sebab itu sebelum anda mengkritik seseorang, hendaklah menyebut beberapa kebaikanya yang membuatnya bangga. Hal ini penting, supaya ketika kita mengkritik, orang tersebut tidak jatuh terlalu dalam.

4.      Berikan kesempatan untuk dia membela diri
Jangan terus-menerus mengkritik, berilah kesempatan untuk dia membela diri, siapa tahu bukan dia yang salah, namun kita yang salah karena telah menilainya tidak baik.  Maka dalam hal ini krtiklah seperti anda sedang berada dalam satu forus diskusi.

5.      Berikan pandangan anda sebagai jalan keluar
Setelah mengkritik, berilah solusi yang menurut anda baik. Hal yang tidak baik adalah mengkritik ornag tanpa memberikan solusi. Persiapkanlah satu solusi yang masuk akal dan baik.

6.      Memilih bahasa yang tepat
Yang terakhir, gunakanlah kata-kata yang tepat, baik dan sopan.
Ads