Iklan Paling Jujur Sedunia

Advertisement
Dalam perjalanan ke Aceh utara beberapa waktu lalu saya sempat terkejut melihat iklan yang terpampang di jalan nasional.





Saya rasa belum pernah ada iklan yang sejujur ini, (hehe). Ternyata peringatan-peringatan yang ditulis dibungkus rokok sebelumnya belum memadai untuk menyadarkan perokok, sehingga harus ditambah gambar tengkorak dan di bubuhi kalimat “”rokok membunuhmu”.

Sepertinya, niat utnuk memusnahkan iklan rokok di Indonesia sudah mustahil.  Dulu ada beberapa orang dan lembaga yang ingin iklan rokok itu dilarang, namun hal itu tidak jadi, karena banyak yang membelanya dengan alasan iklan rokok banyak menampilkan keindahan alam Indonesia (?)

Di Aceh saja, yang sudah menerapkan syariah Islam masih banyak iklan-iklan rokok. Bahkan di jembatan lamnyong—jembatan yang selalui mahasiswa untuk menuju kota pelajar—banyak sekali iklan rokok.

Perlu dipikirkan (?)
Saya teringat dalam masalah cara menyucikan jilatan anjing, hadist tentang ini diriwayatkan oleh abu hurairah r.a. dalam hadist yang beliau riwayatkan, menyucikan jilatan anjing harus dengan 7 kali. Namun para sahabat yang lain melihat abu hurairah (selaku perawi hadis) hanya membasuhnya 3 kali. Sehingga dalam hal ini, ada ulama yang hanya mewajibkan 3 kali basuhan.

Hal ini dikarenakan tidak ada kesesuaian antara apa yang dirawi dengan perbuatan perawi.

Begitu juga dalam hal iklan rokok, kenapa kita harus merokok? Israel, selaku produsen rokok terbesar didunia melarang warganya untuk merokok, juga diikuti oleh singapura. Orang yang memproduksi barang tersebut tentu lebih tahu tentangnya. Maka dalam hal ini, Israel melarang warganya merokok bukan tanpa alasan, setidaknya mereka menyadari akan besarnya bahaya yang ditimbullkan.


Apalagi di iklan-iklan begitu jelas disebutkan, apa kita masih ragu?
Ads