Tiga Hal yang Terasa Berat

Advertisement
SUDUT HUKUM | Dalam hidup ini kita selalu sibuk dengan kegiatan-kegiatan, baik itu yang bersiafat duniawi ataupun perbuatan yang akan menjalar hingga ke negeri akhirat. dari banyak hal yang kita lakukan, ada hal-hal yang membuat hati kita merasa senang dan ringan dalam melakukannya, ada juga yang terasa  begitu berat ketika kita melakukannya.

diantara hal yang terasa berat adalah:

1. bersedekah dalam keadaan sempit.

bersedekah saat memiliki kelebihan merupakan hal yang biasa, bahkan jangankan orang yang taat dan mengerti Agama preman pun sering melakukannya. namun, bersedekah disaat kita dalam keadaan sempit, jangankan untuk orang lain untuk sendiri saja kita belum tercukupi inilah yang sangat jarang terjadi. 

2. berkata yang sebenarnya terhadap kesalahan orang yang memiliki jabatan, kekuatan, atau pada orang yang kita harap-harapkan akan diberikan sesuatu.

jika ada anak kecil yang melakukan kesalahan, saya yakin banyak orang yang akan menegurnya. jika orang yang dipandang rendah dalam masyarakat melakukan kesalahan saya juga yakin akan benyak orang yang menegur. namun bagaimana jika tokoh dikampung, dikecamatan, di provinsi atau di suatu negara melakukan kesalahan saya yakin jarang sekali ada yang mau bicara jujur terhadap apa yang telah dilakukan. 

3. menghindari diri dari kemaksiatan disaat kita sendiri.

ketika berada ditempat umum banyak sekali yang terlihat shalih, alim dan berwibawa, namun apakah itu juga sama ketika kita berada ditempat yang hanya Allah dan kita saja yang tahu?.  hal ini sering sekali terjadi. lihat saja, ketika ada uang yang jatuh ditempat keramaian, maka akan banyak orang yang melakukan ta'rif. bagaimana jika tidak ada orang ditempat itu? apakah kita juga akan begitu?

begitu juga dengan kejahatan-kejahatan yang lainnya, kita takut sekali melakukannya didepan atau ditempat umum, namun kita begitu mudahnya terjerumus ketika kita sedang sendirian.

itulah 3 hal yang terasa sangat berat ketika kita hendak melakukannya.
 semoga bermanfaat!
Ads