Reformasi Bermazhab Sebuah Lkktiar Menuju Ijtihab Sesuai Saintifik -modern

Advertisement

SUDUT HUKUM----Buku ini menggagas cara pandang baru dalam bermazhab dan berijtihad. Penulisnya dengan tegas menolak pandangan yang mengatakan bahwa: "bermazhab identik dengan bertaqlid". Buku ini juga diharapkan dapat memicu gairah dan gelita intelektual baru dan keberanian untuk berfikir bebas.


Ijtihad bukan jargon yang hanya perlu didengung-dengungkan tanpa ada realisasi yang serius. Ijtihad pun bukan sesuatu yang harus baru sama sekali tanpa ada akar dan pohon yang dijadikan kajian akademik. Ijtihad juga bukan barang tabu yang tidak mungkin diutak-atik.

Sebaliknya, sebuah redefinisi ijtihad perlu dilakukan. Redefinisi ijtihad ini pada gilirannya akan berimplikasi pada reinterpretasi hasil-hasil ijtihad ulama, baik klasik maupun modern. Dan reinterpretasi terhadap ijmak ulama (consensus) pada ujungnya akan menghasilkan fatwa-fatwa baru dan ijtihad-ijtihad baru.

Dalam hubungan ini, penulis buku ini juga merekomendasikan bahwa ijmak ulama sekalipun dapat saja ditolak, jika telah ditemukan ijmak baru yang sesuai dengan kehidupan kemodernan kita.

Baca Buku Secara Online

Ads