Tanda Kekurangan Vitamin A

Advertisement
SUDUT HUKUM | Bagi Anda yang mungkin belum tahu, vitamin A mudah larut dalam lemak yang terjadi secara alami di berbagai jenis makanan. Vitamin ini merupakan bagian integral dalam meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dan memastikan kesehatan reproduksi yang tepat, terutama pada wanita. Vitamin A juga membantu berbagai organ supaya berfungsi benar, seperto paru-paru, ginjal, dan jantung.

Berikut ini adalah empat tanda dan gejala tubuh Anda kekurangan vitamin A, dilansir dari Easy Good Health


Tanda Kekurangan Vitamin A
1. Mata bermasalah

Vitamin A sangat penting menjaga berfungsinya organ visual manusia, yaitu mata karena adanya Rhodopsin. Rhodopsin memfasilitasi mata untuk mengatur penerangan cahaya. Jika Anda kekurangan vitamin A, maka Anda akan mulai mengalami kebutaan dimalam hari. Jika terus menerus mengalami ini, maka Anda mungkin akan mengalami kondisi xerophthalmia yang ditandai dengan perubahan jaringan epitel mata yang memicu kornea menjadi kering, keriput, dan berpigmen.

Kondisi ini juga dapat menghentikan sekresi air mata oleh kelenjar air mata yang merupakan bagian integral dalam melembabkan mata, menghilangkan bakteri atau benda asing yang mungkin terjebak di dalamnya. Jika xerophthalmia tidak ditangani cepat maka akan menyebabkan kebutaan total.

2. Masalah kulit

Salah satu tanda paling umum dari kekurangan vitamin A adalah perubahan tekstur kulit secara drastis. Hal ini menyebabkan kondisi kulit yang disebut xeroderma dimana kulit sangat kering dan bersisik yang menyebabkan ketidaknyamanan. Kekurangan vitamin A juga bisa memicu phrynoderma, sebuah kondisi yang ditandai dengan jerawat di berbagai bagian tubuh, seperti di lengan, paha, punggung, bahu, perut, bahkan bokong. Penyakit ini disebabkan penyumbatan kelenjar keringat yang memicu semua gejala ini.

3. Masalah pernapasan

Kekurangan vitamin A juga erat kaitannya dengan masalah saluran pernapasan. Ini biasanya dipicu bermasalahnya lapisan dari hidung, tenggorokan, bronkus, dan trakea yang menjadi kering dan kasar. Hal ini bisa membuat sistem pernapasan kseluruhan rentan terhadap infeksi bakteri.

4. Masalah sistem reproduksi

Kurangnya vitamin A dalam tubuh juga bisa menyebabkan masalah pada organ reproduksi wanita. Tanda-tanda yang paling umum dari penyakit tersebut adalah vaginitis, keratinizing metaplasia dalam pelvis ginjal, saluran telur, rahim kandung kemih dan bagian lain dari saluran reproduksi. Jika tidak diatasi dengan cepat masalah ini dapat menyebabkan kemandulan. (www.republika.co.id)
Ads