8 KATA MUTIARA ALM. ABUYA MUHIBBUDDIN WALY

Advertisement
Sudut Hukum | 8 KATA MUTIARA ALM. ABUYA MUHIBBUDDIN WALY

http://s-hukum.blogspot.com/
ABUYA MUHIBBUDDIN WALY

1. Jika hati kita masih kuat terarah kepada dunia yang fana ini, berarti kita masih hina dalam perintah Allah SWT.

2. Jika kita masih dibimbangkan oleh makhluk alam dunia ini, berarti pada hakikatnya kita belum dapat menghadap Allah dalam arti yang luas.

3. Jika kita sudah mulai mengarah pada beramal dan beribadah, berarti sudah ada bantuan Allah atas kita

4. Jika ilmu pengetahuan agama kita sudah mulai terbuka pintunya untuk kita, berarti kia telah dikehendaki oleh Allah untuk cenderung kepadaNya.

5. Jika kita mulai untuk menyampaikan isi hati kita kepada Allah, bearti pintu dialog antara hamba dengan Allah telah dibukakan olehNya, dan hal itu berarti kita telah mulai mendekat kepadaNya.

6. Jika kita sekali-sekali dicoba oleh Allah dengan bala, berarti Allah memberi petunjuk kepada kita asal kita bersabar terhadapNya.

7. Jika kita secara berangsur-angsur telah dapat menghilangkan selain daripada Allah didalam hati kita, berarti kita telah mulai dituntun Allah untuk beradab kepadaNya.

8. Jika kita telah menerima secara ikhlas segala ketentuan Allah atas kita, baik yang manis atau yang pahit, berarti pintu ridha telah dibukakan Allah buat kita dan itulah pintu yang agung, ridha adalah tempat istirahat hamba-hambaNya yang tekun beribadah dan ridha itu adalah surga dunia.


Sumber:  BUKU ALHIKAM, JILID 1 HALAMAN 408 :


Ads