Dasar-dasar karya tulis ilmiah

Advertisement
SUDUT HUKUM | kegiatan penelitian dan evaluasi disebut sebagai kegiatan ilmiah apabila yang dipermasalahkan berada dalam kawasan ilmu dan menggunakan metode berfikit ilmiah dalam pengkajiannya.

Karya tulis ilmiah memiliki ciri khas yaitu: kebenarannya, metode kajiannya, dan tatacara penulisannya bersifat keilmuan.

Bentuk format penulisan ilmiah sangat beragam mulai dari laporan ilmiah yang berbentuk buku atau artikel sampai dengan gagasan yang ditulis dimedia massa.

Tidak semua karya tulis itu merupakan karya tulis ilmiah. Suatu karya tulis, apakah itu berbentuk laporan, makalah , buku maupun terjemahan baru dapat disebut karya tulis ilmiah apabila –- sedikitnya— memiliki tiga syarat:
1.    Isi kajiannya pada lingkup pengetahuan ilmiah
2.    Langkah pengkajiannya menggunakan metode ilmiah
3.    Bentuknya mengikuti struktur yang telah ditentukan.

http://s-hukum.blogspot.com/Ada perbedaan antara pengetahuan dengan ilmiah. Pengetahuan adalah segala sesuatu yang kita ketahui, sedangkan ilmu merupakan bagian dari pengetahuan yang mempunyai cirri khas (khusus).

Terdapat tiga macam kegiatan ilmiah dasar: penelitian, pengembangan dan evaluasi.

Proses kerja ilmiah dicirikan dengan digunakannya metode keilmuan dengan ditandai dengan adanya:
a.    Argumentasi teoritik yang benar, shahih dan relevan
b.    Dukunagn factor empiris, dan
c.    Analisis kajian yang mempertemukan antara analisis teoritik dengan fakta empiris terhadap masalah yang dikaji.



No
Macam-macam kegiatan ilmiah
Macam karya tulis
1
Penelitian.
Suatu kegiatan pengkajian terhadap suatu permasalahan yang dilakukan berdasarkan metode ilmiah yang bertujuan untuk memperoleh pengetahuan ilmiah dari hasil yang dipermasalahkan
1.     Laporan hasil penelitian
2.     Tulisan/ makalah ilmiah ringkasan hasil penelitian
3.     Tulisan ilmiah popular kegiatan penelitian
2
Pengembangan.
Suatu kegiatan yang dapat berupa perancangan, perencanaan atau rekayasa yang dilakukan dengan berdasarkan metode berfikir ilmiah guna memecahkan masalah yang nyata terjadi, sehingga hasil kerja pengembangan berupa pengetahuan ilmiah atau teknologi yang digunakan memecahkan masalah tersebuat
1.     Laporan hasil pengembangan
2.     Tulisan makalah ringkasan hasil pengembanagn
3
Evaluasi.
suatu kegiatan yang bertujuan untuk mendapatkan informasi yang diperoleh melalui tatacara tertentu berdasarkan pada metode berfikir ilmiah.
Hasil kerja evaluasi adalah pengetahuan ilmiah yang digunakan untuk pengambilan kebijakan terhadap hal yang dipermasalahkan.
1.     Laporan hasil evaluasi
2.     Tulisan / makalah ringkasan hasil evaluasi


Ads