منهاج الطالبين

Advertisement
BUKU | Kitab ini merupakan mukhtashar, yaitu kitab ringkasan yang memuat semua pendapat madzhab syafi'i beserta perbedaan-perbedaan yang terjadi di kalangan ulama syafi'iyyah. 
منهاج الطالبين


Maka kitab ini sangat membantu siapa saja yang berhasrat memahami madzhab sang pencetus ilmu ushul fiqih tersebut. Pendapat-pendapat imam madzhab, para mujtahid madzhab, fatwa-fatwa, beserta tarjih pendapat yang bisa dijadikan pedoman berfatwa, semua ada di kitab ini.

Terlebih jika kita melihat kedudukan kitab yang sering dipanggil dengan nama singkat Al-Minhaj tersebut, ternyata menempati posisi yang sangat urgen dalam mata rantai kitab-kitab mu'tamad, karena ia adalah ringkasan dari Al-Muharrar karya Imam Ar-Rafi'i. 

Al-Muharrar sendiri merupakan ringkasan dari Al-Wajiz.. Al-wajiz ringkasan dari Al-Basith. Al-Basith ringkasan dari Al-Wasith (ketiga nama tersebut karya imam Ghazali). 

Dan Al-Wasith adalah ringkasan dari kitab Nihayat Al-Mathlab karya Imam Haramain. Imam Haramain menulis kitab An-Nihayah tersebut dengan merujuk ke kitab Mukhtasar Al-Muzani.

Tidak heran jika kitab kecil ini mendapat perhatian yang serius dari kalangan ulama syafi'iyah setelahnya. Sebut saja nama-nama seperti Tuhfat Al-Muhtaj, Mughni Al-Muhtaj, Jamal Al-Muhtaj, Nihayat Al-Muhtaj, semuanya syarah dari Al-Minhaj. Semua itu yang tercetak, sedangkan yang belum dicetak masih lebih banyak lagi.

Hanya saja, kekurangan kitab ini tidak disertai dalil masing-masing pendapat. Murni hanya menyebutkan pendapat. Jadi, tidak tepat untuk anda yang hendak mempelajari fiqih dan dalil.
Tapi hal tersebut tidak menghilangkan pesona kitab Al-Minhaj ini. Karena memang kitab ini ditulis bukan untuk adu argumentasi, melainkan untuk mengumpulkan pendapat yang ada.

Jadi kitab ini masih sangat layak dijadikan batu loncatan untuk memahami madzhab syafii.



Ads