Ini Alasannya Mengapa Mahasiswa Harus Ada Blog

Advertisement
Ini Alasannya Mengapa Mahasiswa Harus Ada Blog
BLOGGING  | Sekarang ini ngeblog merupakan hal sangat poluler, baik di Indonesia maupun  di luar negeri., namun sayangnya hal itu kurang disukai oleh masyarakat Aceh. Masyarakat Aceh , mahasiswa khususnya lebih suka menghabiskan waktu untuk chatting di facebook, atau  main game online. Terkadang mereka mencari café-café yang memiliki akses internet tinggi untuk men-download film-film terbaru.

Manfaat Blog bagi Mahasiswa

Padahal, seorang penulis buku pernah mengatakan “jika hanya untuk chatting dan main game, maka  kita telah melewatkan hal-hal yang luar biasa yang bisa dilakukan lewat internet”. Orang sudah tidak lagi merampok dengan membawa senjata, cukup dengan membawa sebuah labtop. Sambil minum kopi mereka telah mencuri di salah satu Bank di Negara lain.

Yang lebih parah lagi, disaat orang sudah melakukan hal-hal yang serba online (seperti pesawat tanpa awak, atau mobil dikendalikan oleh google) kita akun facebookpun belum punya. Hehehe,,,,

Online yang bagaimana yang kita inginkan? Untuk hal-hal produktif dan positif? Atau sebaliknya.

Hal yang seperti ini yang harus dibenahi supaya ke depan akan lebih baik. Bagi mahasiswa sebaiknya internet itu tidak hanya sebagai wasa’il untuk  cari pacar baru.  Gunakanlah untuk hal-hal yang baik, seperti membaca artikel-artikel yang bernmanfaat dan membaca berita-berita terkini. Akan lebih baik lagi jika mahasiswa mau menulis dengan membuat blog-blog pribadi.

Saya pernah menawarkan kepada kawan-kawan untuk membuat blog, namun  tidak ada yang tertarik.  Ada beberapa alas an yang mereka berikan, seperti:

·         Blog kita tidak ada yang baca.
Banyak kawan-kawan yang tidak mau menulis hanya karena takut blognya tidak ada yang baca.  Hal ini sangat tidak beralasan, karena ini bukan era 80-an. Sekarang sudah era global, cyberspace sudah seperti alam nyata. Bahkan, artikel-artikel blog sekarang sudah dianggap sebagai sebuah referensi. 

·         Bukan domain nama pribadi.
ini merupakan alasan yang sangat membingungkan. Terutama bagi masyarat Aceh, “dikasih gratis mau yang berbayar, disuruh bayar malah minta yang gratis”. Tentu kita masih ingat bagaimana sibuknya mahasiswa ketika TELKOMSEL menutup layanan 0.facebook.com,  heheh,.

Membuat domain dengan nama pribadi perlu biaya. Dan kalau suatu saat tidak tidak sanggup membayar hosting tulisan kita (blog kita akan innalillahi (lenyap) dari dunia maya (cybersape). Lagian kalau dipikir-pikir membuat domain dengan nama pribadi itu sama seperti orang miskin beli mobil. Kelihatannya mewah, kenyataannya susah (gak sanggup ngisi bensin). Lagipula banyak orang- orang yang sudah terkenal masih mengunakan domain gratis (seperti blogspot).

 Yang pada intinya, blog itu bukan sarana untuk membanggakan diri.  Blog hanya sebagai sarana untuk belajar. Sangat banyak fungsi blog bagi mahasiswa, seperti:

·         Catatan pribadi.
Ilmu-ilmu yang kita dapatkan dikampus bisa kita simpan di blog. Berbeda dengan buku catatan yang bisa saja suatu hari akan hilang atau tulisan kita akan pudar, blog lebih tahan lama dan mempunyai kapasita data yang sangat luar biasa.

·         Sebagai sarana mengulang.
Meungkin kita sudah sering mendengar ungkapan “ikatlah ilmu dengan menulis”.  Inilah manfaat inti ngeblog bagi mahasiswa.

·     Khusus bagi mahasiswa yang calon jurnalis, blog merupakan sesuatu yang wajib. Dengan sering-sering meng-update posting kita akan terbiasa dengan menulis. Hal ini akan sangat bermanfaat. 

Jadi, sebaiknya, mahasiswa-mahasiswa memiliki blog pribadi, jangan sampai waktu yang diberikan terlewatkan begitu saja. Apalagi hanya menghabiskan waktu dangan game-game online, sangat-sangat tidak ada manfaatnya…
Ads