Lima Hal Yang Harus Anda Lakukan Saat Bersedekah

Advertisement
HIKMAH | Salah satu kebaikan yang sangat dianjurkan dalam Islam adalah bersdekah, namun sayang banyak orang yang berderma tidak melakukannya dengan baik sehingga tidak dapat merasakan pahala dari apa yang telah disedekahkannya.

Maka oleh sebab itu, kita harus mengetahui dan mengamalkan lima hal ini saat kita bersedekah. Dalam kitab Durratun Nasihin disebutkan ada lima hal yang harus dilakukan oleh orang yang bersedekah:
1.      Hendaklah kita merahasiakannya
Dalam hal ini, banyak kit abaca dalam sejarah orang yang sangat merahasiakan tentang sedekahnya, sampai-sampai mereka mencari fakir yang buta agar tidak mengetahui siapa yang bersedekah. Ada juga yang mengikat sedekah pada kain sifakir yang sedang tidur. Dam ada juga yang menaruh sedekahnya di jalan yang sering dilalui oleh sifakir.
Hal ini dilakukan supaya derma yang mereka lakukan tidak diketahui oleh orang lain. Mereka takut akan timbulnya sifat riya dalam bersedekah.
2.      Hendaklah kita tidak mengungkit-ungkit dan menyakiti orang yang kita beri sedekah
3.      Hendaklah kita berderma dengan barang yang paling baik.
Sebagaimana firman Allah;
Tidak akan memperoleh kebaikan , sehingga kamu dermakan dari apa-apa yang kamu sukai
4.       hendaklah saat kita memberi derma itu dengan muka yang berseri-seri dan gembira, tidak dengan muka yang acuh.
5.      Hendaklah kita berderma pada sasaran yang halal. Maka ada baiknya kita berderma kepada orang yang alim, fakir dan miskin yang baik, anak-anak yatim dan sebagainya. Yang intinya kepada orang-orang yang tidak menggunakan derma kita pada jalan yang tidak baik seperti untuk main judi.

Inilahlima hal yang harus diperhatikan saat kita memberikan sedekah, supaya sedekah yang kita berikan memberikan manfaat bagi orang lain dan mapatkan ridha dari Allah SWT. Amin ya rabbal alamin.

Selasa pagi setelah shalat subuh di Dayah Budi Muthmainnah, Ulee Kareng


Ads