[Sejarah] PERANG BADAR

Advertisement
[Sejarah] PERANG BADAR

SEJARAH | Perang ini terjadi dalam bulan Ramadhan pada tahun kedua Hijriah, antara orang Muslim dengan kafir Quraisy disuatu tempat yang bernama Badar, yaitu suatu tempat yang terletak antara Mekkah dan Madinah.

[Sejarah] PERANG BADAR


Sebab terjadi peperangan ini adalah ketika orang Islam hendak menghalangi perniagaan orang Quraisy ke negeri Syam, hal ini di maksud untuk melemahkan kekuatan mereka, dan juga karena mereka telah menghalngi kaum Muslim melakukan ibadah Haji ke Mekkah.

Beberapa sahabat Nabi menghalangi Khalifah2 Quraisy yang hendak berniaga kenegeri Syam, sehingga terjadilah peperangan sengit antara keduanya. Yaitu peperangan yang masyhur dalam sejarah yang dinamai “ perang badar”.

Jumlah umat Islam pada saat itu baru (lebih kurang) 300 orang, sedangkan orang Quraisy berjumlah seribu orang.

Berkat kepandaiian dan keberanian orang Islam, mereka memperoleh kemenangan  besar dalam peperangan itu. Empat belas orang Muslimin gugur dalam pertempuran itu, sedangkan disisi pasukan quraisy mati 70 orang.



Kemenangan dalam perang ini sangat berpengaruh pada kejayaan Islam, karena dengan peperangan ini banyak orang arab yang memeluk Islam.


Ads