Sudahkah Anda Menulis Hari Ini?

Advertisement
menulisILMU | Banyak yang mengatakan bahwa menulis itu adalah pekerjaan tangan bukan pekerjaan otak. artinya ketika mau menulis yang kita butuhkan adalah sebuah pupel dan sehelai kertas, malah sekarang pakai labtop saja sudah cukup, dan disini kita tidak harus super jenius untuk menulis.

gak percaya? anda punya teman yang sekarang jadi wartawan? bagaimana kemampuan menulisnya saat SMA atau saat di perguruan tinggi, saya yakin dia biasa saja dan tentunya bukan orang yang jenius.
contoh lain, saat kuliah banyak teman yang gak terlalu pintar namun berhasil lulus lebih awal, padahal untuk lulus dia harus nulis skripsi.. percayakan bahwa nulis itu gak butuh kepintaran yang super ekstra? buktinya tu contoh tadi, mahasiswa gak jenius mampu menulis skripsi, dan sebagaimana kita tahu skripsi itu paling kurang 60 halaman lo...

sebenarnya ada dua hal yang membuat kita bisa menulis:

1. Mau menulis

kalau tida ada kemauan percuma ikut pelatihan berulang kali, gak akan ada satu tulisanpun yang anda hasilkan.

mungkin pernah saat mau beli labtop kita berniat untuk menulis, tapi saat sudah ada labtop ehh asik main facebook.



2. deadline

kenapa teman kita wartawan yang dulunya gak bisa nulis tapi sekarang tulisannya sudah enak dibaca? karena deadline. mereka tiap hari harus nulis, sehingga skill menulisnya terus berkembang karena diasah tiaphari.

 kita juga bisa seperti itu, buat peraturan untuk diri sendiri
jika jam 6 saya belum menulis, maka saya tidak akan makan malam, hahaha

saya yakin ada saja ide yang keluar supaya anda bisa makan.

saya teringat cerita dosen saya pak Ali Abubakar ( yang anaknya mampu nulis beberapa novel saat masih duduk dibangku SD) , pak Ali bilang, dulu saat anak saya menggangu adeknya saya hukum dia dengan menulis semua kegiatannya di hari itu, dan gara2 itu akhirnya anaknya jadi penulis novel.

coba bayangkan jika ada Undang-Undang " siapa yang tidak menulis satu hari satu halaman akan dihukum mati"

saya yakin indonesia ini akan penuh dengan karya tulis yang bagus-bagus. inilah fungsi deadline.... (kalau mau belajar tentang deadline bisa tanya sama teman wartawan, mereka lebih merasakannya)

dan ingat, menulis itu pekerjaan tangan, bukan otak, jadi jangan berpikir harus ada kecerdasan yang ekstra
Ads