Fungsi Hadis Terhadap Al-Quran

Advertisement
Para pembaca blog Sudut Hukum yang berbahagia, alhamdulillah blog ini sudah berumur 1 tahun, semoga di awal tahun yang ke dua ini dapat lebih memberikan manfaat bagi pembaca sekalian.

Pada posting kali ini kita akan melihat bagaimana fungsi hadis terhadap Al-quran. Dalam kitab-kitab,  buku ushul fiqh ataukun buku ilmu hadis dijelaskan sedikitnya ada tiga Fungsi Hadis Terhadap Al-Quran, yaitu:
1.      Menjelaskan atau merincikan hukum
Disini hadis berfungsi sebagai penjelas terhadap hal-hal yang mubham yang terdapat dalam Al-Quran. Ada nash yang hanya menjelaskan hukum secara global saja, tidak terperinci seperti shalat. Al-quran hanya menyuruh manusia untuk shalat. Namun al-quran tidak menjelaskan bagaimana tatacara melakukan shalat. Maka dalam hal ini digunakan hadis sebagai penjelas ayat tersebut.
Nabi serkata:
            “shalatlah kalian sebagaimana kalian lihat saya shalat”
Ini adalah hadis qauli yang menjelaskan tentang bagaimana tatacara melakukan shalat. Sedangkan hadis fi’li banyak sekali.

Hadis-hadis tersebeut merupakan penjelas tentang bagaimana kita melakukan shalat.
2.      Menguatkan hukum
Fungsi Hadis Terhadap Al-Quran
Hadis juga berfungsi sebagai penguat hukum yang sudah ada dalam alquran. Sehingga dalam suatu masalah ada dua sumber hukum, yaitu dari Al-quran itu sendiri dan dari hadis. Seperti dalam masalah puasa, zakat, haji dan sebagainya.
3.      Menetapkan hukum
Sebagaimana kita ketahui, Al-quran diturunkan dengan menjelaskan sebahagian hukum saja, hanya hukum-hukum yang sifatnya sangat diperlukan. Oleh sebab itu fungsi hadis yang ke tiga adalah membuat hukum yang tidak terdapat dalam al-quran.
Hal ini sesuai dengan apa yang sudah kita pelajari bahwa dalam Islam ada dua pembuat hukum, yang pertama Allah dan yang ke dua adalah rasul. Hukum yang dibuat oleh rasul (dengan ilham dari Allah) dapat kita temukan dalam hadis-hadis beliau.

Contoh bayan tasyri’: hukum tantang haram menikahi seseorang dengan bibinya (sekaligus), memakai kain sutera bagi laki-laki, memakai emas bagi laki-laki dan lain sebagainya.


Semoga penjelasan singkat ini bermanfaat bagi pembaca blog ini.. amin…..
Ads