Kita Menulis Untuk Siapa?

Advertisement
Kita Menulis Untuk Siapa?BLOGGING | Saya perhatikan akhir-akhir ini pertumbuhan blog meningkat dengan sangat pesat, rata2 sudah punya blog pribadi. banyak sekali tulisan2 yang bermanfaat. Namun akhir-akhir ini ada yang membuat saya malas menjawab beberapa pertanyaan tentang blogging. salah satunya adalah masalah SEO.

Pada dasarnya tidak ada yang salah dengan optimasi SEO blog, akan tetapi yang sewajarnya saja. baik SEO on page atau off page. kenapa saya bilang begitu?

Coba kita renungkan, kita ngeblog untuk apa? apa tujuan kita?, ingin berbagi ilmu? mendapatkan penghasilan sampingan? ya itu boleh boleh saja.

Namun ada satu pernyataan yang mendasar yang harus kita tanyakan pada pribadi kita, kita menulis untuk siapa?

jika saya boleh memberikan pilihan maka pilihannya hanya dua:

  1. untuk manusia?
  2. untuk mesin?


jika anda menulis untuk manusia, maka saya raya gak perlu berlebihan tentang SEO, kenapa? karena manusia membaca tulisan kita, jika tulisan kita baik ya dibaca, jika tidak baik ya tidak ada yang baca.

Manfaat kita menulis untuk manusia adalah blog kita akan selalu dikunjungi, karena mereka melihat isinya, bukan tampilannya, bukankah isi lebih penting?

sudut hukum

Jika anda menulis untuk mesin ya maka anda harus menguasai segalanya tentang SEO, bahkan anda gak boleh absen dari update terbarunya, jika tida maka siap2 blog anda akan sepi. karena mesin tidak membacanya dengan hati, beda halnya dengan manusia.

Dan jika kita menulis untuk mesin maka tujuan kita ngeblog tidak akan tercapai, jika bertujuan untuk berbagi ilmu, anda berbagi untuk siapa? mesin tidak butuh ilmu? jika ngeblog untuk mendapat penghasilan ya sama aja karena mesin gak tau apa itu iklan.

jadi saran kami, utamakan tulisannya, boleh optimasi seo seperlunya, SEO MEMANG PENTING, TAPI BUKAN SEGALANYA.
Ads