Tulislah apa saja, yang penting orang mengerti

Advertisement
Salah satu alasa orang malas menulis adalah karena memikirkan menulis itu harus ilmiyah, akhirnya kesulitan menemukan bahan dan susah dalam meneliti sehingga ujung-ujungnya tidak ada satupun karya tulis yang dihasilakan.

Sebenarnya inti dari menulis adalah membuat orang tahu tentang apa yang kita tulis.

Masih ingat ketika kita belajar bahasa Inggris di Sekolah Menengah Atas? kita sibuk memikirkan bentuk kalimat yang benar sehingga ketika kita berbicara bahasa inggris pikiran kita harus bekerja ekstra. Pertama kita menyusunnya dalam bahasa sendiri, kemudian kita terjemahkan dan setelah itu pikiran kita sibuk menyusun kalimat yang sempurna. akhirnya, 15 menit kita bicara kita capeknya luar biasa.

setelah kita belajar baru kita tahu bahwa inti dari suatu percakapan adalah sipendengar mengerti tentang apa yang kita bilang.

Tulislah apa saja, yang penting orang mengertibegitu juga tentang menulis. inti dari tulisan adalah orang tahu apa yang kita hendak sampaikan. Coba lihat status kamu difacebook, sehari ada 10 status.. 30 komentar. kalau kita gabung mungkin sudah jadi satu artikel.

Kenapa kita mampu menulis di facebook sedangkan untuk menulis satu artikel kita tidak sanggup? Karena pikiran kita itu tadi, kita menganggap artikel itu harus selalu ilmiyah padahal tidak.


so, mulai hari ini, tulislah apa saja yang ingin kamu tulis yang penting orang mengerti.

Ads