Hak-hak Orang Tua dalam Islam

Advertisement

Sudut Hukum | Hak-hak Orang Tua dalam Islam

Jasa orang tua sangat besar kepada kita, jika bukan karena mereka berdua tentunya kita tidak akan terlahir ke dunia. Dengan bersusah payah mereka korbankan waktu, harta benda, dan jiwa raganya demi anaknya. Jika kita melihat sang ibu, bagaimana selama 9 bulan telah mengandung dengan susah payah, bahkan ketika melahirkan, seorang ibu harus bergulat dengan kematian, seakan kaki kanan di akhirat dan kaki kiri di dunia, semua itu dilakukan demi sang anak tercinta yang kelak diharapkan berbakti kepada kedua orang tuanya.

Sedangkan sang ayah berusaha sekuat tenaga mencari nafkah meski panas, hujan, dan duri – duri tajam siap menghadang. Semua dilakukannya agar seorang anak tetap bisa makan sebagaimana mestinya, mendapat fasilitas sebagaimana layaknya, bahkan terkadang sang ayah lupa akan usia yang telah menggerogoti usianya, badan yang dulu tegak sekarang telah bungkuk, kulit yang diwaktu muda kencang berubah hitam terbakar matahari, itulah arti pengorbanan bagi orang tua. Sudah sepantasnya sebagai seorang anak kita harus menyayangi mereka, menghormati mereka, jangan ada lagi kata – kata kasar yang keluar dari mulut kita, karena semua itu akan menjadikan malapetaka bagi kita.

http://s-hukum.blogspot.com/
Cintailah mereka sebagaimana mereka mencintai kita, terlebih jika usia mereka telah semakin senja, terkadang mereka akan kembali seperti anak kecil, dan semua itu Allah ciptakan untuk menguji kita, seberapa besar rasa pengabdian dan balas budi kita kepada mereka. Banyak di antara kita yang kadang berani durhaka kepada orang tua, ingatlah tidak akan bahagia di dunia dan di akhirat bagi anak yang berani kepada orang tua. Sesukses apapun kita, Allah tidak akan memberikan rahmatNya kepada orang yang durhaka kepada orang tua. Allah SWT. berfirman; Artinya; Dan Tuhanmu memerintahkanmu untuk tidak menyembah kecuali kepadaNya, dan hendaklah kamu berbuat baik kepada ibu bapakmu dengan sebaik – baiknya, jika salah seorang diantara keduanya atau keduanya telah berusia lanjut dalam pemeliharaanmu, maka jangan sekali – kali kamu mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlahkepada mereka ucapan yang mulia. Q.S al-Isro 23. Nabi Muhammad SAW bersabda : "Surga dibawah telapak kaki ibu “ Dalam hadis yang lain dikatakan : “ Ridho Allah ada dalam ridho orang tua, dan murka Allah ada dalam murka orang tua”.
Sumber: Taisir Akhlak
Ads