Pengertian Modal Kerja

Advertisement
Sudut hukum | Pengertian Modal Kerja

Menurut Agnes Sawir(2001:129) modal kerja adalah keseluruhan aktiva lancer yang dimiliki perusahaan, atau dapat pula dimaksudkan sebagai dana yang harus tersedia untuk membiayai kegiatan operasi perusahaan sehari-hari.

Zulian Yumit (2001:123) menyatakan bahwa modal kerja adalah investasi perusahaan dalam jangka pendek yang melekat pada aktiva lancer seperti kas, surat-surat berharga, piutang dan persediaan.

Bambang Riyanto (2001:57-58) membagi pengertian modal kerja kedalam tiga konsep yaitu:

1. Konsep kuantitatif
Konsep ini mendasarkan pada kuantitas dari dana yang tertanam dalam unsure-unsur aktiva lancer dimana dana yang tertanam didalamnya akan dapat bebas lagi dalam waktu yang pendek.Dengan demikian modal kerja menurut konsep ini adalah keseluruhan jumlah aktiva lancer.Modal kerja dalam program ini sering disebut modal kerja bruto (gross working capital).

2. Konsep Kualitatif
Pengertian modal kerja dikaitkan dengan besarnya jumlah hutang lancer dan hutang yang segera harus dibayar.Sebagian dari aktiva lancer ini harus disediakan untuk memenuhi kewajiban keuangan yang harus segera dilakukan, dimana bagian aktiva lancer ini tidak boleh digunakan untuk membiayai operasi perusahaan untuk menjaga likuiditasnya. Modal kerja dalam konsep ini merupakan kelebihan aktiva lancer atas hutang lancer disebut ,odal kerja neto (net working capital)

http://s-hukum.blogspot.com/

3. Konsep Fungsional
Konsep ini medasarkan pada fungsi dari dana dalam menghasilkan pendapatan. Setiap dana yang dikerjakan atau digunakan dalam perusahaan dimaksudkan untuk mendapatkan pendapatan,. Ada sebagian dana yang digunakan dalam satu periode akuntansi tersebut yang seluruhnya langsung menghasilkan pendapatan bagi periode tersebut, dan ada sebagian dana lain yang juga digunakan selama periode tersebut tetapi tidak seluruhnya digunakan untuk menghasilkan pendapatan.

Weston dan Copeland (1995:379) memberikan pengertian modal kerja sebagai berikut: Modal kerja merupakan investasi perusahaan dalam bentuk uang tunai, surat berharga, piutang dan persediaan, dikurangi kewajiban lancer yang digunakan untuk membiayai aktiva lancer. Jumlah ini disebut modal kerja bersih (net working capital).Secara lebih luas, manajemen modal kerja mencakup semua aspek pengelolaan, baik aktiva lancer maupun kewajiban lancer.
Ads