Kitab Dakwah Wahabi

Advertisement
SUDUT HUKUM | Banyak ulama di dunia Islam yang telah menuliskan kitab untuk menolak aqidah kaum wahabi, di mulai dari abang kandung pendiri wahabi, Syeikh Sulaiman bin Abdul Wahab yang menuliskan kitab Shawa’id Ilahiyah yang menolak pemahaman adiknya, Muhammad bin Abdul Wahab.

Ulama Nusantara juga tidak ketinggalan menuliskan kitab radd atas wahabi, sebut saja Wakil Rais Akbar dan Pendiri Nahdlatul Ulama, KH Muhammad Faqih Maskumambang menuliskan kitab An-Nushush al-Isamiyyah fi Radd al-Wahhabiyyah. Ulama Aceh juga tidak ketinggalan dalam membentengi paham khawarij ini. Abon Abdul Aziz dikenal sebagai seorang ulama yang sangat kuat dalam mendokritkan kesalahan wahabi kepada para murid-murid beliau. Salah satu ulama Aceh yang menulis karangan tentang kesalahan kaum wahabi adalah Abu Muhammad Ali Irsyad Teupin Raya.

Beliau dilahirkan pada tahun 1921 M di Desa Kayee Jatoe pemukiman Teupin Raya, Kecamatan Glumpang Tiga Kabupaten Pidie. Beliau dilahirkan dari orang tua laki-laki yang bernama Muhammad Irsyad, sedangkan ibunya bernama Aisyah, keluarga dari turunan bapaknya adalah keturunan dari Panglima Doyen dari Aceh Besar. Sedangkan dari keluarga ibunya berasal dari keluarga ulama dari Lapang Lhoksukon yang hijrah ke Teupin Raya, maka dari darah pasangan kedua orang tuanya, mengalir darah bangsawan dan darah ‘ulama. Beliau belajar kepada beberapa ulama di Aceh dan juga belajar di Universitas al-Azhar, Kairo.

Beliau merupakan pendiri lembaga pendidikan Darussa’ah yang memiliki banyak cabang di seluruh wilayah Aceh. Selain itu beliau juga seorang pemikir, penulis dan kaligrafer yang produktif, sampai akhir hayatnya beliau telah menulis 28 judul kitab karangan yang terdiri 39 jilid buku. Yang berkisar dari ilmu pelajaran bahasa arab, logika, filsafat, fikih, falak, tafsir, terjemahan dan sejarah Islam. Beliau juga beliau juga ahli dalam ilmu falak.

Salah satu karya beliau yang berharga adalah kitab Dakwah Wahabiyah yang mengupas sejarah kelam wahabi dan kesalahan-kesalahan mereka. Bagi yang ingin mendonwload file pdf kitab tersebut.

  • Direct Download
  • Ads