Keutamaan Ikhlas

Advertisement
SUDUT HUKUM | Salah satu fithrah manusia baik muslim maupun kafir ialah mencari tuhan dan mengakui tuhan karena dalam Alquran di surat Al a’raf Allah berfirman:
Dan (ingatlah), ketika Tuhanmu mengeluarkan keturunan anak-anak Adam dari sulbi mereka dan Allah mengambil kesaksian terhadap jiwa mereka (seraya berfirman): "Bukankah aku ini Tuhanmu?" mereka menjawab: "Betul (Engkau Tuban kami), Kami menjadi saksi". (kami lakukan yang demikian itu) agar di hari kiamat kamu tidak mengatakan: "Sesungguhnya Kami (Bani Adam) adalah orang-orang yang lengah terhadap ini (keesaan Tuhan)",
Di ayat ini,Allah yelah mensyahadatkan para janin untuk mengakui Allah sebagai tuhan mereka.Tetapi yang membuat mereka tidak beriman kepada Allah adalah faktor lingkungan mereka.dan tugas para nabi dan rasul ialah memastikan bahwa sesembahan itu benar dan cara menyembahnya pun benar.
Keutamaan Ikhlas

Para nabi dan rasul mengajarkan bagaiman menyembah tuhan yang benar,apakah itu sesuai dengan syariat atau tidak.Maka untuk mengetahui bagaimana cara menyembah tuhan yang baik,kita harus mengetahui apakah syarat-syarat diterimanya ibadah.Salah satunya ialah dengan niat yang ikhlas.Dan apa saja keutamaan atau kelebihan ikhlas?

Ikhlas syarat diterimanya ibadah.

Syarat diterimanya ibadah ada 2 syarat:

  • Dengan niat yang ikhlas.
  • Sesuai syariat

Kedua-duanya ialah inti sari dari syahadat.karena dalam bersyahadat kita berjanji bahwa kita tidak beribadah hanya kepada Allah dan tidak beribadah kecuali sesuai dengan apa yang dincontohkan oleh Rasulullah SAW


Ikhlas mendatangkan syafaat.

Karana Abu Hurairah berkata bahwa Rasulullah bersabda,”Sesungguhnya orang yang berbahagia dengan syafaatku di hari kiamat ialah orang yang bersyahadat dengan sepenuh hati(ikhlas).”


Ikhlas menyelamatkan dari fitnah dunia

Allah berfirman di surat yusuf ayat 24:
Sesungguhnya wanita itu telah bermaksud (melakukan perbuatan itu) dengan Yusuf, dan Yusufpun bermaksud (melakukan pula) dengan wanita itu andaikata Dia tidak melihat tanda (dari) Tuhannya[750]. Demikianlah, agar Kami memalingkan dari padanya kemungkaran dan kekejian. Sesungguhnya Yusuf itu Termasuk hamba-hamba Kami yang terpilih.

 Ayat ini tidaklah menunjukkan bahwa Nabi Yusuf a.s. punya keinginan yang buruk terhadap wanita itu (Zulaikha), akan tetapi godaan itu demikian besanya sehingga andaikata Dia tidak dikuatkan dengan keimanan kepada Allah s.w.t tentu Dia jatuh ke dalam kemaksiatan.Tetapi karena nabi yusuf orang yang ikhlas maka Allah menyelamatkan beliau dari fitnah dunia.


Ikhlas menyelamatkan dari tipu daya syeitan



Ikhlas menyelamatkan kita dari bencana besar

Seperti yang difirmankan oleh Allah di surat Luqman:
Dan apabila mereka dilamun ombak yang besar seperti gunung, mereka menyeru Allah dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya Maka tatkala Allah menyelamatkan mereka sampai di daratan, lalu sebagian mereka tetap menempuh jalan yang lurus. dan tidak ada yang mengingkari ayat- ayat Kami selain orang-orang yang tidak setia lagi ingkar.

Ikhlas merupakan sarana datangnya pertolongan Allah

Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Nasa’i bahwa Rasulullah pernahbersabda,”Sesungguhnya Allah akan menolong umat ini dengan orang-orang lemah,dengan shalat-shalat mereka dan ikhlas-ikhlas mereka.”.

Artinya orang-orang miskin itu mudah untuk ikhlas karena mereka beribadah bukan karana ingin dilihat oleh orang lain,sehingga amalan mereka lebih tinggi dari orang kaya.Dan karena keikhlasannya itulah doa-doa mereka didengar oleh Allah sehingga apabila seseorang bersedekah lalu didoakan sesuatu kebaikan dari orang miskin maka besar kemungkinan doa mereka deterima oleh Allah.

Dari kelebihan kelebihan ini,maka  sudah pasti kita mesti ikhlas beribadah.karena apapun yang diperintahkan Allah merupakan kebaikan yang dibutuhkan oleh kita.Dan tidak ada alasan bagi kita untuk tidak ikhlas.
Ads