5 Hal yang Paling Ditakuti Manusia

Advertisement

Kematian

Semua orang tahu dan tidak bisa menolaknya, kehidupan akan berakhir dengan kematian. Namun begitu, hal yang pasti ini merupakan rasa takut paling utama yang dimiliki manusia. Sebagian besar merasa takut atau mencemaskan, apa yang akan terjadi setelah kematian. Dan tidak sedikit yang mengidap Thanatofobia, ketakutan berlebihan akan datangnya ajal.

Kehilangan

kehilangan sudut hukum

Kebersamaan adalah saat-saat yang paling membahagiakan dalam hidup. Namun dalam tiap kebersamaan ada juga kehilangan, sesuatu yang ditakuti manusia. Kehilangan, seperti perpisahan, perceraian ataupun kematian, akan membuat seseorang menjadi begitu terpukul dan merasa sedih, dan kerap meningkat menjadikan orang mengidap stress dan depresi.

Kegagalan

Kegagalan

Suskses, salah satu yang selalu dinginkan manusia. Namun, tidak semua yang kita lakukan berjalan seperti yang diharapkan. Banyak orang takut menghadapi kegagalan. Ketakutan ini timbul biasanya karena tidak begitu merasa yakin pada dirinya sendiri dan menganggap kegagalan sebagai satu ancaman. Atychiphobia, ketakutan yang berlebihan terhadap kegagalan, membuat seseorang tidak mau memulai sesuatu.

Kemiskinan

Kemiskinan

Semua orang menginginkan kehidupan yang layak dan berkecukupan. Memiliki harta kekayaan menjadi salah satu tujuan hidup banyak orang. Hal ini kerap membuat orang sangat takut jatuh miskin atau kehilangan harta benda. Peniaphobia, ketakutan berlebihan akan menjadi miskin, kadang menjadikan orang menghalkan segala cara dengan tujuan utama mendapatkan uang, atau bahkan menjadi serakah.

Penolakan

 Penolakan

Keinginan agar kehadirannya diterima oleh orang lain merupakan perasaan dasar yang dimiliki manusia sebagai mahluk sosial. Banyak orang bahkan sangat bergantung pada pengakuan atau penilaian orang lain, sehingga malah menimbulkan rasa takut yang kemudian membuat orang menarik diri karena takut ditolak. Mereka akhirnya menjauhkan diri dari orang-orang, lingkungan dan bahkan keluarga.
Penulis: yf/as
Ads