Pandangan Medis Tentang Seks Ketika Haid

Advertisement
SUDUT HUKUM | Terlarang bagi seorang laki-laki Muslim untuk bersenggama dengan istrinya ketika istrinya sedang haid (menstrausi). Allah SWT berfirman dalam al-Quran:
Mereka bertanya kepadamu tentang haid. Katakanlah, ‘Haid itu adalah kotoran. Oleh sebab itu hendaklah kamu menjauhkan diri dari wanita di waktu haid, dan janganlah kamu mendekati mereka sebelum mereka suci. Apabila mereka telah suci, maka campurilah mereka itu di tempat yang diperintahkan Allah kepadamu. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang menyucikan diri” (QS. Al-Baqarah :222).

Menurut syariat, lamanya periode bulanan wanita adalah 3 sampai 10 hari. Jika pendarahan berlangsung kurang dari tiga hari, maka itu bukan menstruasi. Jika pendarahan berlangsung lebih dari sepulih hari, maka harihari selebihnya tidak terhintung sebagai masa menstruasi, melainkan masa istihadhah.

Pandangan Medis Tentang Seks Ketika Haid


Dalam masa istihadhah ini, hubungan seks boleh dilakukan. Larangan ini hanya berlaku bagi hubungan seks (jima’ kontak kelamin), sedangkan keintiman dalam bentuk lainnya tetap diperbolehkan. Namun, demi kehati-hatian, hendaknya keintiman tersebut tidak melibatkan bagian-bagian tubuh istri antara pusar dan lutut. Jika seseorang, ketika sedang bersenggama, mengetahui bahwa periode bulanan istrinya telah datang, maka ia harus segera menghentikan persanggamaannya.

Dalam ayat di atas jelas dinyatakan bahwa segera ketika darah haid istri telah terhenti, maka hubungan seks menjadi halal untuk dilakukan sekalipun istri belum melakukan mandi wajib. Tetapi tentunya akan lebih baik bila istri melakukan mandi wajib terlebih dahulu sebelum berhubungan seks, atau paling tidak membersihkan organ pribadinya terlebih dahulu.

Alasan-alasan Medis


Berikut ini adalah alasan-alasan medis perlarangan persanggamaan di saat menstruasi:
  • Pada saat menstruasi, sesungguhnya wanita tertekan secara mental. Namun ketika mereka bersanggama, mereka terangsang secara mental. Karena itu, hubungan seks selama masa haid dapat mengakibatkan kekacauan mental pada wanita.
  • Darah haid wanita dapat mempengaruhi “performa” pria.
  • Darah haid mengakibatkan organ pribadi wanita menjadi kotor dan penuh bakteri. Hal ini dapat mengakibatkan infeksi saluran kencing pada pria.
  • Hubungan seks selama menstruasi dapat mengubah siklus normal menstruasi wanita.
  • Hubungan seks juga tidak boleh dilakukan selama masa pendarahan pascapersalinan atau nifas (maksimum sepuluh hari).
Ads