Jenis-jenis Transaksi dalam E-Commerce

Advertisement
SUDUT HUKUM | Berdasarkan sifatnya, seluruh kegiatan transaksi dalam e-commerce dapat dibedakan menjadi enam jenis kategori (Munir Fuady, 2005: 408), yaitu:
  • Transaksi Business to Business (B2B) adalah transaksi perdagangan melalui internet yang dilakukan oleh dua atau lebih perusahaan. Transaksi bisnis ini hanya terjadi di antara rekan (partner) bisnis saja, yaitu perusahaanperusahaan yang telah memiliki hubungan kerjasama yang erat dan telah saling mengenal. Transaksi bisnis ini sifatnya tertutup karena informasi hanya diberikan pada rekan bisnis.
  • Transaksi Business to Consumer (B2C) adalah transaksi jual-beli melalui internet antara penjual barang dengan konsumen. Transaksi B2C merupakan jenis transaksi e-commerce yang paling banyak ditemui dibandingkan dengan jenis transaksi B2B. 
Jenis-jenis Transaksi dalam E-Commerce

Transaksi B2C mempunyai karakteristik sebagai berikut:
  1. Sifatnya terbuka untuk umum, dimana informasi atau penawaran disebarkan secara umum dan setiap orang dapat mengaksesnya;
  2. Layanan yang diberikan juga bersifat umum dengan mekanisme yang dapat digunakan oleh banyak orang;
  3. Konsumen memegang inisiatif untuk melakukan pemesanan, sedangkan produsen harus siap merespon permintaan konsumen.
  • Consumer to Consumer (C2C) adalah transaksi dimana konsumen menjual produk secara langsung kepada konsumen lainnya. Salah satu contoh adalah seorang individu yang mengiklankan produk barang atau jasa, pengetahuan, maupun keahliannya di salah satu situs lelang.
  • Consumer to Bussines (C2B) adalah individu yang menjual produk atau jasa kepada organisasi dan individu yang mencari penjual dan melakukan transaksi.
  • Non-Bussines Electronic Commerce adalah kegiatan non bisnis seperti kegiatan lembaga pendidikan, organisasi nirlaba, keagamaan dan lain-lain. 
  • Intrabussines (Organizational) Electronic Commerce adalah kegiatan yang meliputi semua aktivitas internal organisasi melalui internet untuk melakukan pertukaran barang, jasa, dan informasi, menjual produk perusahaan kepada karyawan, dan lain-lain.
Advertisement