Pengertian Rahasia Dagang

Advertisement
SUDUT HUKUM | Rahasia Dagang didefinisikan sebagai berikut:
A trade secret is any formula, pattern, device or compilation of information which used in one’s bussines, and which gives him oppurtinity to obtain and advantage over competitors who don’t know use it ”. 

Pengertian lain tentang Rahasia Dagang adalah padanan bahasa Indonesia untuk undiscloused information sebagaimana tertulis dalam TRIPs(Agreement Trade Related Aspect Of Intelectual Property). Istilah undiscloused information memberi jaminan bagi mereka yang memang tidak ingin membuka informasi usahanya yang berada dalam kontrolnya, dengan beberapa syarat antara lain:
  • Informasi tersebut memang rahasia dalam pengertian bahwa informasi itu bukan seperangkat konfigurasi atau perakitan (assembly) yang persis dari komponen-komponen yang umumnya dikenal oleh lingkungan orang yang biasa berurusan dengan informasi tersebut, dan
  • Informasi itu dijaga kerahasiaannya.

Kamus Besar Bahasa Indonesia menjelaskan yang dimaksud dengan Rahasia Dagang yaitu Rahasia adalah sesuatu yang sengaja disembunyikan supaya tidak diketahui orang lain. Sedangkan Dagang artinya pekerjaan yang berhubungan dengan menjual dan membeli barang untuk memperoleh keuntungan. Pada prinsipnya Rahasia Dagang merupakan segala informasi yang tidak diketahui umum dalam rangka kegiatan perdagangan, informasi yang sangat strategis sifatnya ini memiliki potensi dan secara aktual mengandung nilai ekonomis yang tinggi karena dapat digunakan untuk alat bersaing dengan para competitor.

Pengertian Rahasia Dagang


Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2000 Tentang Rahasia Dagang juga memberikan pengertian Rahasia Dagang yaitu informasi yang tidak diketahui oleh umum di bidang teknologi dan bisnis mempunyai nilai ekonomi karena berguna dalam kegiatan usaha,dan dijaga kerahasiaannya oleh pemilik rahasia dagang.

Kalau melihat pengertian yang diberikan oleh undang-undang rahasia dagang dapat ditarik beberapa unsur:
  • Informasi rahasia yang tidak diketahui oleh umum
  • Memiliki nilai ekonomis karena berguna bagi kegiatan usaha dijaga kerahasiaannya oleh pemilik Rahasia Dagang

 Sehingga dapat disimpulkan dari berbagai pengertian rahasia dagang merupakan segala informasi yang tidak diketahui umum dalam rangka kegiatan perdagangan, informasi yang sangat strategis sifatnya ini memiliki potensi dan secara aktual mengandung nilai ekonomis yang tinggi karena dapat digunakan untuk alat bersaing dengan para kompetitor.