Sekilas tentang Kitab Fathul Mu’in Syaikh Imam Zainudin Bin Aziz Al Malibari

Advertisement
SUDUT HUKUM | Kitab Fathul Mu’in merupakan kitab fiqih pegangan standar setiap kaum muslimin, karena kitab ini berisi tentang konsep-konsep hukum yang sangat lengkap. Pembahasan di kitab ini benar-benar dari awal hingga akhir. Akan tetapi, kitab fiqih karangan Syaikh Imam Zainudin Bin Aziz Al Malibari ini dipresepsi oleh banyak orang sebagai kitab yang susah dipahami terutama oleh yang pengetahuan bahsa arab atau membaca kitab kuning yang kurang. 

Bahkan ada beberapa orang yang mengatakan bahwa kitab Fathul Mu’in merupakan barometer kepandaian santri memahami kitab bahasa Arab, padahal kitab Fathul Mu’in sangat penting bagi kaum muslimin untuk menentukan status hukum suatu persoalan dalam kehidupannya sehari-hari.

 Sekilas tentang Kitab Fathul Mu’in Syaikh Imam Zainudin Bin Aziz Al Malibari


Permasalahan pertama dalam kitab Fathul Mu’in meliputi shalat dan berbagai permasalahannya mulai dari thaharah yang dibahas secara lengkap, kesucian badan, pakaian dan tempat shalat serta macam-macam najis. Selanjutnya dibahas tentang sifat-sifat shalat Nabi, sujud syahwi dan hal-hal yang membatalkan shalat. Shalat-shalat sunnah, shalat berjamaah, shalat jum„ah, shalat jama‟ dan qasar serta shalat mayit dan permasalahannya. 

Kedua berisi tentang zakat dan permasalahannya serta tenang ghanimah, puasa, I'tikaf, dan puasa sunnah. Selanjutnya dibahas pula haji dan umrah, permasalahan jual beli an beberapa macam-macam transaksi yang meliputi: khiyar, utang dan gadai, wakalah, syirkah, tijarah dan ariyah. Bagaina terakhir yang berkaiatan dengan pemberian, yang meliputi hibah, waqaf, ikrar, wasiat, dan faraid.

Tiga berisi tentang nikah yang meliputi rukun dan syarat menikah, khulu', tala', nafaqah dan lain-lain. Selanjutnya tentang jinayat murtad, hukuman, jihad, peradilan, dakwaan dan bayyinah sampai tentang memerdekakan budak.