Pengertian Tabayyun

Ads
SUDUT HUKUM | Tabayyun berasal dari kata بَانَ بَيَانًاوَتِبيَانًا yang artinya tampak, jelas, terang. Menurut Syaikh Abu Bakar Jabir Al-Jazairi dalam Tafsir Al-Aisar فَتَبَيَّنُوْا Fatabayyanu artinya periksalah sebelum kalian berbicara atau berbuat atau mengambil keputusan. Menurut Al-Qurthubi dalam Tafsir Al-Qurthubi Hamzah dan Al-Kisa’i membaca firman Allah itu dengan فَثَبِّتُوْا diambil dari kata At-Tatsabut. Adapun yang lain, mereka membaca firmanAllah itu dengan فَتَبَيَّنُوْا diambil dari kata At-Tabyin.

Menurut M.Quraish Shihab dalam Tafsir Al-Misbah فَتَبَيَّنُوْا Fatabayyanu artinya telitilah dengan sungguh-sungguh. Menurut Ahmad Mushthafa Al-Maraghi dalam Tafsir Al-Maraghi اَلتَّبَيُّنْ At- Tabayyun berarti mencari kejelasan.Menurut Gus Dur dalam bukunya yang berjudul Tabayyun Gus Dur, Tabayyun adalah menjernihkan dan memperjelas suatu perkara atau asal muasal suatu peristiwa sebelum berdebat dalam berselisih paham. 

Pengertian Tabayyun

Dalam Kamus Umum Bahasa Indonesia, kata penelitian diartikan sebagai pemeriksaan yang teliti atau penyelidikan; kata penyelidikan diartikan sebagai pemeriksaan atau pengusutan, dan kata menyelidiki berarti memeriksa dengan teliti, mengusut dengan cermat, atau menelaah (mempelajari) dengan sungguh-sungguh. Dengan pengertian demikian maka kata penelitian dan penyelidikan dianggap bersinonim.

Kata penelitian atau penyelidikan tersebut digunakan sebagai padanan kata research dalam bahasa Inggris. Kata research berasal dari kata re yang berarti kembali dan to search yang berarti mencari. Dengan demikian, secara harfiah, arti dari research adalah mencari kembali dan terjemahan dari kata research adalah riset.

Penelitian adalah penyaluran rasa ingin tahu manusia terhadap sesuatu/masalah dengan perlakuan tertentu (seperti memeriksa, mengusut, menelaah dan mempelajari secara cermat dan sungguh-sungguh). Sehingga diperoleh sesuatu (seperti mencapai kebenaran, memperoleh jawaban atas masalah, pengembangan ilmu pengetahuan, dan sebagainya).

Dari arti penelitian di atas, terlihat bahwa penelitian memiliki beberapa komponen, yaitu:
  • Ada rasa ingin tahu dari manusia,
  • Ada sesuatu/masalah,
  • Ada proses atau usaha untuk menyelesaikan sesuatu/masalah, dan
  • Ada hasilnya, seperti mencapai kebenaran.

Tabayyun secara bahasa memiliki arti mencari kejelasan tentang sesuatu hingga jelas benar keadaannya. Sedangkan secara istilah adalah meneliti dan menyeleksi berita, tidak tergesa-gesa dalam memutuskan masalah baik dalam hal hukum, kebijakan dan sebagainya hingga jelas benar permasalahannya.
Ads