Jenis-Jenis Kebakaran Hutan

Advertisement
Dilihat dari jenisnya, kebakaran hutan dibedakan menjadi tiga macam (Sumardi dan S.M Widyaastuti. 2004: 177-178), yaitu:
  • Kebakaran permukaan (Surface Fire), yaitu kebakaran yang membakar bahan-bahan yang tersebar pada permukaan lantai hutan, misalnya serasah, cabang dan ranting mati yang gugur dan tumbuhan bawah;
  • Kebakaran dalam tanah (Gound Fire), yaitu kebakaran yang terjadi pada jenis tanah yang mempunyai lapisan bahan organik tebal, misalnya gambut. Proses kebakaran bergerak sangat lambat sehingga membakar seluruh bahan organik yang ada diatasnya;
  • Kebakaran tajuk (Crown Fire), yaitu kebakaran yang terjadi pada lantai hutan dengan lapisan tumbuhan bawah yang tebal dan kering, seringkaliditambah banyaknya sisa kayu penebangan atau bahan mati lainnya.

Dari beberapa referensi buku yang di baca, kebakaran yang sering menimbulkan terjadinya kebakaran hutan yaitu kebakaran tajuk (crown fire). Kebakaran ini jika terjadi bersamaan dengan kondisi cuaca yang memungkinkan dapat menimbulkan asap (haze) dan terjadinya pencemaran udara lintas batas.