Pengertian Batu Bara

Istilah batu bara berasal dari terjemahan bahasa inggris, yaitu coal bahasa belanda, yaitu kolem, sedangkan bahasa jerman disebut dengan kohle. Pengertian batu bara dapat disajikan bedasarkan rumusan yang tercantum dalam undang-undang dan ahli. Dalam pasal 1 angka 3 dan Nomor 4 Tahun 2009 Tentang pertambangan Mineral dan Batu Bara telah dirumuskan pengertian batu bara. Batu bara adalah “ Endapan senyawa organik karbon yang berbentuk secara alamiah dari sisa tumbuhan-tumbuhan”.

hukum batu bara

Konstruksi batu bara dapat dilihat dari proses terbentuknya atau terjadinya batu bara. Batu bara terbentuk dari tumbuhan yang telah membatu melalui oksidasi (penggabungan). Hasil akhirnya adalah zat keras hitam yang mengeluarkan karbon dioksida ketika dibakar. Batu bara saat ini adalah zat yang paling banyak digunakan untuk menghasilkan listrik dan panas.

Pengertian batu bara ditemukan dalam kamus besar bahasa indonesia. Batu bara adalah “Arang yang diambil dari dalam tanah yang berasal dari tumbuhan darat, tumbuhan air dan sebagainya yang telah menjadi batu”. Dalam definisi ini batu bara dikonstruksikan sebagai arang. Arang yaitu bahan bakar yang hitam warnanya. Sumber batu bara ini, yaitu dari tumbuhan darat, tumbuhan air, dan sebagainya. Batu bara dibagi dua macam, yaitu:

  • Batu bara muda. Batu bara ini kandungan airnya tinggi, tetapi kandungan karbonnya rendah; dan
  • Batu bara tua. Batu bara ini nilai kalornya (bentuk tenaga atau panasnya) sangat tinggi.