Ads

Jumlah Rakaat Shalat Dhuha

Advertisement
Jumhur ulama sepakat bahwa minimal jumlah rakaat shalat dhuha adalah dua rakaat.

Namun mereka tidak sepakat ketika menentukan batas maksimalnya. Ada yang berpendapat bahwa bilangan rakaatnya delapan dan ada yang mengatakan duabelas. Al-Malikiyah dan Al-Hanabilah menyebutkan bahwa maksimal jumlah rakaat shalat dhuha adalah 8 rakaat. Dalilnya adalah hadits berikut ini :
Dari Aisyah radhiyallahu anha berkata bahwa Rasulullah SAW masuk ke dalam rumahku dan shalat dhuha 8 rakaat. (HR Abu Daud)
Al-Malikiyah memakruhkan bila jumlah bilangan rakaat shalat dhuha itu melebihi 8 rakaat, seraya menyebutkan bahwa yang merupakan pertengahan adalah 6 rakaat. Al-Hanafiyah dan Asy-Syafi'iyah dalam wajh yang marjuh, serta salah satu riwayat dari Al-Imam Ahmad, menyebutkan bahwa maksimal rakaat shalat dhuha adalah 12 rakaat. Mereka berangkat dari dalil berikut ini:
Dari Anas bin Malik radhiyallahu anhu berkata bahwa Rasulullah bersabda,"Siapa yang melakukan shalat dhuha 12 rakaat, maka Allah telah membangunkan untuknya istana di surga. (HR. Tizmidzy)
Meskipun hadits ini dianggap dhaif oleh At-Tirmidzy, namun Ibnu Abidin mengatakan bahwa para ulama menyepakati tentang hadits dhaif yang boleh digunakan untuk keutamaan ibadah. 

Adapun mazhab Asy-Syafi'i, kita menemukan sedikit kerancuan tentang masalah jumlah maksimal. Contoh sederhana, Al-Imam An-Nawawi sendiri sebagai salah satu icon dari madzhab ini juga tidak konsisten menyebutkannya. Di dalam kitab Al-Majmu' Syarah Al-Muhadzdzab, beliau menyebutkan maksimal shalat dhuha adalah 8 rakaat. Tetapi dalam kitab Minhajut-Tahalibin, justru disebutkan maksimal adalah 12 rakaat. Angka maksimal 12 rakaat ini juga disebut dalam kitabnya yang lain, Raudhatut-Thalibin.

Said bin Manshur mengeluarkan dari al-Hasan bahwa dia ditanya,Apakah para shahabat Nabi melakukan shalat dhuha?. Ya, mereka melakukannya ada yang mengerjakan 2 rakaat, ada yang 4 rakaat, ada yang shalat terus hingga tengah hari.

Dari Ibrahim an-Nakha'i bahwa seseorang bertanya kepada Al-Aswan bin Yazid, Berapa rakaat saya shalat dhuha. Dijawab, terserah berapa saja.