Pengertian Investasi

advertisements
SUDUT HUKUM | Istilah investasi berasal dari bahasa latin yaitu investire yang artinya memakai sedangkan dalam bahasa Inggris disebutkan dengan investment. Para ahli memiliki pandangan yang berbeda mengenai konsep teoritis tentang investasi. Penanaman modal atau investasi diartikan sebagai kegiatan pemanfaatan dana yang dimiliki dengan menanamkannya ke usaha atau proyek yang produktif baik secara langsung maupun tidak langsung dengan harapan selain mendapatkan pengembalian modal awalnya di kemudian hari, tentunya pemilik modal juga akan mendapatkan sejumlah keuntungan dari penanaman modal dimaksud.

Pengertian Investasi


Dalam salah satu produk hukum nasional yaitu Undang- undang nomor 25 tahun 2007 Tentang Penanaman Modal Pasal 1 angka 1 disebutkan, penanaman modal adalah : “Segala bentuk kegiatan menanam modal baik oleh penanam modal dalam negeri maupun penanam modal asing untuk melakukan usaha di wilayah Negara Republik Indonesia ”.

Fitzgeral mengartikan investasi adalah : “ aktivitas yang berkaitan dengan usaha penarikan sumber- sumber (dana) yang dipakai untuk mengadakan barang modal pada saat sekarang, dan dengan barang modal akan dihasilkan aliran produk baru di masa yang akan datang ”.

Kamaruddin Ahmad mendefinisikan investasi adalah “ menempatkan uang atau dana dengan harapan untuk memperoleh tambahan atau keuntungan tertentu atas uang atau dana tertentu”.

Dalam Ensiklopedia Indonesia investasi diartikan sebagai : “ penanaman uang atau modal dalam proses produksi (dengan pembelian gedung- gedung, permesinan, bahan cadangan, penyelenggaraan uang kas serta penyelenggaraannya). Dengan demikian cadangan modal barang diperbesar sejauh tidak ada modal barang yang harus diganti ”.

Komarrudin memberikan pengertian tentang istilah investasi dalam 3 pengertian yaitu:
  1. Suatu tindakan untuk membeli saham, obligasi atau surat pernyataan lainnya.
  2. Suatu tindakan untuk barang- barang modal.
  3. Pemanfaatan dana yang tersedia untuk produksi dengan hasil

pendapatan dimasa yang akan datang