Background Teknologi Bitcoin

Advertisement
SUDUT HUKUM | Disamakan dengan Emas didunia nyata karena Bitcoin pun sebagai emas digital cara mendapatkan nya adalah melalui pertambangan atau mining hal ini merupakan hal baru dimana ada nya pertambangan di dunia maya.

Para penambang di sebut sebagai miner pertambangan yang dilakukan untuk mendapat kan Bitcoin bukan lah yang sederhana dan mudah proses mining bitcoin merupakan pemecahan alogaritma yaitu dengan memecah kan rumus matematika yang komplek yang hanya bisa dilakukan oleh komputer, dibutuh kan alat-alat khusus untuk menambangkan bitcoin tersebut terdapat dua jenis alat penambang yaitu hardware miner dan software miner.

Dalam Buku nya Bitcoin Mata Uang Digital Dunia, Oscar Darmawan menyebutkan bahwa Bitcoin merupakan jaringan pembayaran yang berbasiskan teknologi peer-to-peer dan open source pada setiap transaksi tercatat dan tersimpan dalam database jaringan Bitcoin. Jaringan Bitcoin dikelola oleh penambang Bitcoin atau yang biasa disebut dengan miner, miner merupakan operator yang memverifikasi jaringan desentralisasi Bitcoin.
Dalam buku nya Oscar Darnawan, Bitcoin Mata Uang Digital Dunia menyebutkan bahwa Bitcoin dengan basis teknologi Peer-to-peer membuat sistem keungan Bitcoin berjalan secara otomatis tanpa memerlukan Bank atau lembaga lain nya untuk mengatur jumlah perputaran Bitcoin.
Advertisement