Documentary Credit atau Letter of Credit (L/C)

Advertisement
SUDUT HUKUM | Documentary Credit atau Letter of Credit (L/C) atau Surat Hutang (yang selanjutnya dalam pembahasan akan disebut dengan L/C) adalah suatu dokumen keuangan yang dikeluarkan oleh bank yang menyatakan komitmennya kepada seseorang (pemasok/eksportir/penjual) untuk mebayarkan sejumlah uang tertentu atas nama pembeli atau importir dengan ketentuan pemasok, eksportir atau penjual memenuhi persyaratan dari kondisi tertentu. 

Istilah formal L/C disebut documentary letters of credit karena bank menangani transaksi berkaitan dengan dokumen sebagai lawanan dari barang. L/C adalah metode yang yang sangat umum dipakai dalam pembayaran internasional, karena resiko dan transaksi ditanggung bersama antara pembeli dan penjual. (Kamus Lengkap Perdagangan Internasional. (Jakarta: Direktorat Jendral Perdagangan Internasional Departemen Perindustrian dan Perdagangan Jakarta))

Menurut Amir M. S., Documentary Credit adalah suatu surat yang dikeluarkan oleh bank devisa atas permintaan importir nasabah bank devisa bersangkutan dan ditujukan kepada eksportir di luar negeri yang menjadi relasi dari importir tersebut. Isi surat itu menyatakan bahwa eksportir penerima Documentary Credit diberi hak oleh importir untuk menarik wesel (surat perintah untuk melunasi utang) atas importir bersangkutan untuk sejumlah uang yang dapat disebut dalam surat itu. Bank yang bersangkutan menjamin untuk mengekseptir atau menghonorir wesel yang ditarik tersebut asal sesuai dan memenuhi semua syarat yang tercantum di dalam surat itu. (Amir MS, 2001:1)

Documentary Credit memerintahkan kelengkapan dokumen-dokumen yang diperlukan yang harus dipenuhi Beneficiary dalam suatu perangkat dokumen-dokumen yang disebut Shipping Documents, umumnya meliputi: Invoive, Packing list, Certficate of Origin, Inspection Certificate, Insurance Certificate, Export Licence, dan Transport Document. Sedangkan Bills of Exchange (Draft) merupakan surat tagihan yang dikecualikan dari Shipping Documents. 

Menurut Documentary Credit terdapat beberapa dokumen yang seringkali disebutkan sehubungan dengan penggunaan Documentary Credit yaitu Bill of Exchange dan Bill of Lading. Bill of Exchange Adalah suatu perintah untuk membayar tanpa syarat yang ditandatangani oleh seseorang (drawer) biasanya pembeli dan ditujukan kepada (biasanya) bank (sebagai drawee), yang menginstruksikan drawee untuk membayar sejumlah uang kepada orang lain (payee) biasanya penjual, berdasarkan permintaan dengan waktu yang ditetapkan. 

Definisi dari Bill of Lading adalah dokumen perjalanan barang, yang dikeluarkan oleh perusahaan pengangkatan kepada pengirim, yang ditandatangani oleh kapten kapal, perwakilannya atau pemilik kapal, yang menyatakan bukti penerimaan barang, sebagai kontrak pengangkutan dan persetujuan mengirim barang ke pelabuhan yang ditetapkan serta penyerahan barang tersebut kepada yang berhak menerimanya. Dengan demikian B/L adalah sekaligus sebagai tanda terima barang dan kontrak pengiriman barang.

Macam-Macam Documentary Credit/ L/C

Documentary Credit secara garis besar terbagi menjadi 2 (dua) kategori, yaitu:
  • Revocable L/C

Revocable L/C adalah jenis L/C yang dapat diubah atau dibatalkan secara sepihak, dan
  • Irrevocable L/C

Irrevocable L/C adalah jenis L/C yang tidak dapat diubah atau dibatalkan secara sepihak.
Apabila dilihat dari tingkat jaminan, maka Documentary Credit terbagi menjadi:
  1. Confirmed L/C, Confirmed L/C adalah L/C yang dijamin oleh bank lain sehingga menjadi lebih aman
  2. Unconfirmed L/C, Unconfirmed L/C adalah L/C yang tidak dijamin oleh bank lain

Apabila dilihat dari jangka waktu dan cara pembayaran, maka Documentary Credit terbagi atas:
  1. Sight L/C, Sight L/C adalah L/C yang penyelesaian pembayarannya dilakukan pada saat penyerahan dokumen sesuai dengan syarat dan kondisi L/C disertai dengan sight draft yand ditarik oleh eksportir atas suatu bank
  2. Usance/Acceptance L/C, Usance/Acceptance L/C adalah L/C yang pembayarannya dilakukan pada tanggal jatuh tempo yaitu tanggal yang dihitung setelah tanggal pengapalan barang atau tanggal penyerahan draft dan dokumen

Selain itu juga terdapat jenis Documentary Credit yang lain selain yang telah dijelaskan sebelumnya, yaitu:
  1. Negotiation L/C, Negotiation L/C adalah L/C yang pembayarannya dengan cara membeli wesel dan/atau dokumen-dokumen yang diajukan penerima
  2. Deffered Payment L/C, Deffered Payment L/C adalah L/C yang pembayarannya dilakukan di kemudian hari
  3. Transferable L/C, Transferable L/C adalah L/C yang dapat dialihkan
  4. Assignment L/C, Assignment L/C adalah L/C yang membolehkan pengalihan hasil pembayaran L/C kepada pihak lain atas permintaan penerima

Kemudian, jenis-jenis Documentary Credit yang ada diluar UCP adalah sebagai berikut:
  1. Back to back L/C, Back to back L/C melibatkan satu L/C sebagai pelindung atau pengamanan untuk L/C yang lain yang dinamakan L/C anak. Bentuk dari L/C ini dapat digunakan dalam keadaan dimana penjual menerima irrevocable credit atas namanya yang diatur oleh pembeli dimana penjual harus membeli barang tersebut dari pihak lain untuk memenuhi pesanan. Hal ini dimungkinkan apabila penjual memiliki keterbatasan keuangan sehingga penjual meminta banknya untuk menerbitkan irevocable credit untuk pihak ketiga tersebut dengan menggunakan L/C yang diterima dari pembeli sebagai jaminan untuk L/C yang kedua (Finance of International Trade, 1990:64).
  2. Red Clause L/C, Red Clause L/C biasanya merupakan irrevocable L/C yang memiliki klausul istimewa yang secara tradisional dicetak dengan warna merah (red clause) yang isinya memungkinkan penerima menarik seluruh atau sebagian pembayaran L/C sebelum melakukan pengiriman barang. Jenis L/C ini memungkinkan advising bank untuk meminjamkan uang untuk memastikan keuangan penjual dalam pengadaan dan pengiriman barang (Finance of International Trade, 1990:64).
  3. Revolving L/C, Revolving L/C adalah L/C yang dipakai ber terteulang-ulang oleh penerima dalam jumlah tertentu selama jangka waktu tertentu yang ditetapkan dalam L/C yang bersangkutan tanpa perlu menerbitkan L/C yang baru atau melakukan perubahan L/C yang bersangkutan.
Advertisement