Fardlu – Fardlu Wudlu, Pertama Niat (1)

Fardhu – Fardhu Wudhu, Pertama NiatFardhu – Fardhu Wudhu, Pertama Niat
Sebagaimana kita temukan dalam kitab-kitab fiqh syafiiyah, fardlu wudlu ada enam: (1) Niat, (2) membasuh muka, (3) Membasuh Dua tangan, (4) Mengusap sebahagian kepala, (5) membasuh dua kaki , (6) Tertib.
Maka pada posting kali ini kita akan melihat fardlu wudlu yang pertama yaitu niat. Dalam kitab fathhul muin dikatakan:

(وفروضه ستة) أحدها: (نية) وضوء أو أداء (فرض وضوء) أو رفع حدث لغير دائم حدث، حتى في الوضوء المجدد أو الطهارة عنه، أو الطهارة لنحو الصلاة، مما لا يباح إلا بالوضوء، أو استباحة مفتقر إلى وضوء كالصلاة ومس المصحف.

Fardlu wudlu ada 6, yang pertama niat: yaitu niat berwudlu atau menunaikan fardlu wudlu, atau menghilangkan hadas (bagi selain daim hads)-sekalipun dalam wudlu yang baru-, atau niat bersuci dari hadas, atau bersuci untuk melakukan ibadah shalat, yaitu yang boleh dilakukan hanya dengan wudlu, atau niat memperoleh wewenang dalam melakukan ibadah yang perlu dengan wudlu, seperti halnya shalat dan menyentuh mashaf.


ولا تكفي نية استباحة ما يندب له الوضوء، كقراءة القرآن أو الحديث، وكدخول مسجد وزيارة قبر.
والاصل في وجوب النية خبر، إنما الاعمال بالنيات.
أي إنما صحتها لاكمالها.

Dalam berwudlu, tidak cukup dengan berniat untuk memperoleh wewenang untuk melakukan ibadah yang sunnah seperti membaca quran dan hadis, masuk mesjid dan ziarah kubur.
Dalil tetnag kewajiban wudlu adalah hadis:
إنما الاعمال بالنيات
Yang dimaksudkan adalah sahnya amal, bukan sempurnanya amal.

ويجب قرنها (عند) أول (غسل) جزء من (وجه)، فلو قرنها بأثنائه كفى ووجب إعادة غسل ما سبقها.

Niat wajib kita lakukan pada saat awal kita membasuh bagian muka, boleh juga ditengah membasuh muka, namun wajib diulangi basuhan yang dibasuh sebelum niat.
ولا يكفي قرنها بما قبله حيث لم يستصحبها إلى غسل شئ منه، وما قارنها هو أوله، فتفوت سنة المضمضة إن انغسل معها شئ من الوجه – كحمرة الشفة – بعد النية فالاولى أن يفرق النية بأن ينوي عند كل من غسل الكفين والمضمضة والاستنشاق سنة الوضوء، ثم فرض الوضوء عند غسل الوجه، حتى لا تفوت فضيلة استصحاب النية من أوله.

وفضيلة المضمضة والاستنشاق مع انغسال حمرة الشفة.

Tidak boleh berniat sebelum membasuh muka, sekira tidak mungkin mempersamakannya dengan sebahagian dari basuhan itu. Hanya basuhan yang dibarengi dengan niat yang dihitung basuhan yang pertama. Maka lepaslah kesunnahan berkumur walaupun dapat juga terbasuh sebagian wajah saat berkumur seperti bibi – setelah niat.
Yang utama hendaklah dipisahkan niat, dengan cara berniat sunnah wudlu disaat membasuh tangan, berkumur dan memasukakan air dalam hidung, lalu niat fardhu wudlu ketika membasuh muka. Dengan demikian kita tidak terlepas dari fadhilah sunnah secara bersambung mulai dari awal wudlu, berkumur , memasukkan air dalam hidung serta membasuh bibir luar.